RSS

Learning Disabilities





beberapa anak berkembang tidak seperti anak lainnya. mereka terlambat dalam kemampuan membaca dan menulis. ini membuat mereka juga terlambat dalam memahami pelajaran disekolah. 
anak-anak seperti ini juga biasanya memiliki kesulitan dalam berelasi dan mengikuti aturan. karena setiap anak adalah spesial maka kita harus menerima mereka dan mengajari mereka untuk mengatasi kekurangan mereka. 

Learning Disabilites 

Menurut IDEA, kesulitan belajar spesifik (LD) adalah suatu gangguan dalam satu atau lebih proses–proses psikologis dasar yang terlibat dalam pemahaman atau penggunaan bahasa lisan atau tertulis, yang dimanifestasikan dalam kemampuan yang tidak sempurna dalam mendengar, berbicara, membaca, menulis, mengeja atau melakukan perhitungan matematis.
Gambaran Karakteristik
         Membaca: Disebut juga dyslexia. Siswa dengan gangguan disleksia mengalami kesulitan dalam membaca, seperti mengenali jenis huruf dan kata.
Siswa dengan disleksia mengalami kesulitan untuk menyusun atau membaca kalimat dalam berbagai macam urutan, seperti dari atas ke bawah, kiri dan kanan, dan sulit menerima perintah yang seharusnya dilanjutkan ke memori pada otak.
         Menulis: Siswa yang tidak memiliki masalah dalam membaca mungkin saja memiliki gangguan dalam menulis (Young and Beitchman, 2007).
Mereka berjuang keras untuk menulis, kesulitan untuk membangun ide secara lancar, tugas yang diberikan memiliki tulisan yang tidak terbaca, dan menyerahkan tugas menulis seadanya. Siswa dengan masalah menulis akan belajar sedikit dari pelajaran yang diberikan karena mereka harus sangat fokus dalam menulis. Mereka akan kehilangan kesempatan untuk memfokuskan diri terhadap pelajaran yang diberikan.
         Matematika: Siswa dengan gangguan matematika dapat memiliki gangguan :
-      masalah procedural (sering gagal dalam memahami konsep matematis dan kesulitan untuk membuat urutan pemecahan masalah yang kompleks)
-          masalah memori semantik (kesulitan dalam mengingat fakta-fakta seputar matematika)

-       masalah visual-spasial (kesulitan untuk mereproduksi angka). Masalah dalam matematika dapat terjadi bersamaan dengan gangguan membaca atau menulis.

      bagi anak anak ini, huruf-huruf yang terdapat dihadapan mereka menari-nari dan tidak bisa terbaca. 
Penyebab :
      Mekanisme neurologikal
LD dapat terjadi akibat dari disfungsi sistem saraf pusat (Lyon et al, 2001)                  
      Genetik
Sebuah studi di Australia, Skandinavia, dan US menunjukkan bahwa anak-anak preschooler dan anak-anak TK yang kembar dan berjenis kelamin sama memiliki persamaan genetik yang kuat dalam hal kesadaran bunyi dan memori verbal.
      Lingkungan
Ada hubungan antara genetik dan lingkungan. Orang tua yang mengalami kesulitan dalam membaca akan lebih sedikit membacakan sesuatu kepada anak mereka saat anak mereka masih kecil (Lyon et al, 2001).

 Strategi Instruksional yang dapat digunakan untuk Siswa Sekolah Dasar :
Differintiated Instruction : guru menggunakan lebih dari satu metodologi pembelajaran, meningkatkan akses siswa untuk materi pembelajaran dalam berbagai format, memperluas uji pengambilan dan pilihan pengumpulan data, dan berbagai kompleksitas dan sifat konten yang disajikan selama unit pelajaran.
Contoh dari isi kurikulum yang berdiferensiasi:
         Menyediakan visual atau grafik yang disusun untuk menemani presentasi lisan
         Menggabungkan model, demonstrasi, atau role play
         Menggunakan isyarat presentasi guru untuk menekankan titik kunci ( gerak tubuh, visual, verbal)
         membangun konsep penting bahwa siswa harus belajar
         melibatkan siswa degan menerapkan setiap teknik respon pupil murid atau menggabungkan manipulasi untuk dipakai siswa



·         Karakteristik sosial
Sekitar tiga perempat siswa dengan LD mengalami hambatan dalam area sosial (Kavale and Forness, 1996). Area tersebut antara lain (Bryan, Burstein, and Ergul, 2004),
Ø  Memiliki banyak konsep diri yang negatif
Ø  Mengalami emosi negatif lebih sering, termasuk perasaan kesepian.
Ø  Kesulitan dalam mempersepsikan perasaan nonverbal dan emosi orang lain
Ø  Kesulitan dalam mencari solusi yang tepat untuk masalah-masalah sosial
Ø  Kesulitan saat melakukan percakapan dengan orang lain
Ø  Kesulitan dalam membangun pertemanan dan relasi sosial


love your dyslexia friends! 

0 comments:

Post a Comment