beberapa anak berkembang tidak seperti anak lainnya. mereka terlambat dalam kemampuan membaca dan menulis. ini membuat mereka juga terlambat dalam memahami pelajaran disekolah.
anak-anak seperti ini juga biasanya memiliki kesulitan dalam berelasi dan mengikuti aturan. karena setiap anak adalah spesial maka kita harus menerima mereka dan mengajari mereka untuk mengatasi kekurangan mereka.
Learning Disabilites
Menurut
IDEA, kesulitan belajar spesifik (LD) adalah suatu gangguan dalam satu atau
lebih proses–proses psikologis dasar yang terlibat dalam pemahaman atau
penggunaan bahasa lisan atau tertulis, yang dimanifestasikan dalam kemampuan
yang tidak sempurna dalam mendengar, berbicara, membaca, menulis, mengeja atau
melakukan perhitungan matematis.
Gambaran
Karakteristik
•
Membaca:
Disebut juga dyslexia. Siswa dengan gangguan disleksia mengalami kesulitan
dalam membaca, seperti mengenali jenis huruf dan kata.
Siswa
dengan disleksia mengalami kesulitan untuk menyusun atau membaca kalimat dalam
berbagai macam urutan, seperti dari atas ke bawah, kiri dan kanan, dan sulit
menerima perintah yang seharusnya dilanjutkan ke memori pada otak.
•
Menulis:
Siswa yang tidak memiliki masalah dalam membaca mungkin saja memiliki gangguan
dalam menulis (Young and Beitchman, 2007).
Mereka
berjuang keras untuk menulis, kesulitan untuk membangun ide secara lancar, tugas
yang diberikan memiliki tulisan yang tidak terbaca, dan menyerahkan tugas menulis
seadanya. Siswa dengan masalah menulis akan belajar sedikit dari pelajaran yang
diberikan karena mereka harus sangat fokus dalam menulis. Mereka akan
kehilangan kesempatan untuk memfokuskan diri terhadap pelajaran yang diberikan.
•
Matematika:
Siswa dengan gangguan matematika dapat memiliki gangguan :
- masalah procedural (sering
gagal dalam memahami konsep matematis dan kesulitan untuk membuat urutan pemecahan
masalah yang kompleks)
-
masalah memori semantik
(kesulitan dalam mengingat fakta-fakta seputar matematika)
- masalah visual-spasial (kesulitan
untuk mereproduksi angka). Masalah dalam matematika dapat terjadi bersamaan
dengan gangguan membaca atau menulis.
bagi anak anak ini, huruf-huruf yang terdapat dihadapan mereka menari-nari dan tidak bisa terbaca.
Penyebab
:
• Mekanisme
neurologikal
LD dapat terjadi akibat dari disfungsi sistem saraf
pusat (Lyon et al, 2001)
• Genetik
Sebuah
studi di Australia, Skandinavia, dan US menunjukkan bahwa anak-anak preschooler
dan anak-anak TK yang kembar dan berjenis kelamin sama memiliki persamaan
genetik yang kuat dalam hal kesadaran bunyi dan memori verbal.
• Lingkungan
Ada
hubungan antara genetik dan lingkungan. Orang tua yang mengalami kesulitan
dalam membaca akan lebih sedikit membacakan sesuatu kepada anak mereka saat anak
mereka masih kecil (Lyon et al, 2001).
Strategi Instruksional yang dapat
digunakan untuk Siswa Sekolah Dasar :
Differintiated
Instruction : guru menggunakan lebih dari
satu metodologi pembelajaran, meningkatkan akses siswa untuk materi
pembelajaran dalam berbagai format, memperluas uji pengambilan dan pilihan
pengumpulan data, dan berbagai kompleksitas dan sifat konten yang disajikan
selama unit pelajaran.
Contoh dari isi kurikulum yang
berdiferensiasi:
▫
Menyediakan visual atau grafik yang disusun untuk menemani
presentasi lisan
▫
Menggabungkan model, demonstrasi, atau role play
▫
Menggunakan isyarat presentasi
guru untuk menekankan titik kunci ( gerak tubuh, visual, verbal)
▫
membangun konsep penting bahwa siswa harus belajar
▫
melibatkan siswa degan menerapkan setiap teknik
respon pupil murid atau menggabungkan manipulasi untuk dipakai siswa
·
Karakteristik sosial
Sekitar tiga perempat siswa dengan LD
mengalami hambatan dalam area sosial (Kavale and Forness, 1996). Area tersebut
antara lain (Bryan, Burstein, and Ergul, 2004),
Ø Memiliki
banyak konsep diri yang negatif
Ø Mengalami
emosi negatif lebih sering, termasuk perasaan kesepian.
Ø Kesulitan
dalam mempersepsikan perasaan nonverbal dan emosi orang lain
Ø Kesulitan
dalam mencari solusi yang tepat untuk masalah-masalah sosial
Ø Kesulitan
saat melakukan percakapan dengan orang lain
Ø Kesulitan
dalam membangun pertemanan dan relasi sosial
love your dyslexia friends!
0 comments:
Post a Comment